Responsive Advertisement

Belajar Sains dari Rahasia Sehari-hari

Salah satu cara mempelajari sains, khususnya untuk pemula atau tingkat dasar dapat dimulai dengan mengenal berbagai benda dan kejadian yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kejadian atau peristiwa dalam keseharian bukan sekedar sesuatu yang dibiarkan terjadi tetapi dengan penuh ketekunan, kita bisa banyak belajar mengenai berbagai pengetahuan dan sekaligus melakukan berbagai percobaan-percobaan sederhana dan perbandingan. Setiap orang, tidak terbatas pada umur, dapat menemukan rahasia dalam kehidupan sehari-hari dan sekaligus memecahkannya. Kuncinya hanya satu, yaitu ada keinginan yang besar untuk mau memahami/mengetahui sesuatu.

Berbagai kejadian atau peristiwa yang terkait dalam sains meliputi berbagai hal, seperti berikut ini :

  1. Botani
  2. Kimia
  3. Listrik
  4. Gesekan
  5. Titik berat
  6. Tuas
  7. Kelembaman
  8. Gaya apung
  9. Gaya molekul
  10. Panas
  11. Hantaran panas
  12. Es
  13. Tekanan udara
  14. Aliran
  15. Bunyi
  16. Optik
  17. Pemantulan
  18. Pembelokan cahaya
  19. Mata
  20. Geometri
Dalam buku Rahasia Sehari-hari (edisi terjemahan) dari Hans Jurgen Press, dari kedua puluh bagian tersebut ada 125 kejadian atau peristiwa yang terkait dengan sains disertai berbagai percobaan sederhana dan perbandingan sederhana untuk menguak rahasia dibalik semua itu.

Contoh sederhana yang berjudul "Pengaruh matahari" diceritakan sebuah mobil meluncur di jalan pedalaman dari arah utara ke selatan pada suatu hari di musim semi (Eropa). Salah seorang penumpang begitu kagum dengan indahnya pemandangan pohon-pohon apel yang sedang berbunga di pinggir jalan. Tetapi penumpang lainnya mengatakan bahwa jika kita melewati arah yang berlawanan (selatan ke utara) maka akan didapatkan pemandangan yang lebih menakjubkan.

Karena mobil yang ditumpangi mereka dari arah utara ke selatan, maka hanya bagian utara dari saja yang teramati. Tumbuhan-tumbuhan yang ke arah selatan memiliki cabang yang jauh lebih panjang, daun lebih rimbun serta bunga lebih banyak karena sinar matahari leluasa mengenai bagian itu. Begitu juga lingkaran tahunan dalam batangnya pada sebelah selatan lebih lebar dan lebih banyak jaringan untuk menyalurkan air dan zat makanan.

Buku Rahasia Sehari-hari dari Hans Jurgen Press, akan menjadi salah satu buku yang digunakan untuk mempelajari sains bagi pemula, khususnya pada blog sains media ini. Memang untuk saat ini, kami masih mengumpulkan berbagai referensi yang bisa berisi berbagai pengetahuan-pengetahuan tingkat dasar.


Post a Comment

1 Comments

  1. wah, harga berapa nih buku? bisa banget bikin anak makin pintar. Bolehlah saya beli buat anak saya..

    ReplyDelete

Popular Posts