Responsive Advertisement

Migrasi Gajah Mali

Gajah Mali melakuan migrasi untuk mencari sumber air. Gajah merupakan salah satu makhluk yang tidak pernah  lupa. Bagi gajah Gurun Mali, melupakan sesuatu, apalagi melupakan sumber air adalah malapetaka yang luar biasa.
ney
Gajah Mali hidup di sepanjang perbatasan selatan Gurun Sahara. Sekelompok gajah Mali dengan dipimpin oleh gajah betina tua yang bijaksana terus mencari air agar dapat bertahan hidup. Gajah betina tua yang menjadi pemimpin tersebut bertanggung jawab terhadap keselamatan anak buahnya.

Dalam kondisi normal, Gajah Mali biasa hidup makmur. Namun ketika sumber air mengering di mana-mana, pemerintah Mali pun terpaksa mengirim air buat mereka. Gajah Mali ini mampu berjalan sejauh 700 km setiap tahun. Gajah Mali berjalan membentuk lingkaran besar melawan arah jarum jam melalui Sahel Mali - daerah gurun di selatan Sahara.

Sekali lagi, alasan untuk pindah adalah air. Gajah Mali ini merupakan gajah dengan migrasi terpanjang. Tantangan terbesar mereka adalah bagaimana mencari sumber air yang cukup di gurun. Bahkan ketika hujan turun pun bukan saatnya mereka bersantai-santai. Setelah hujan usai, mereka harus segera mencari sumber air yang baru sebelum airnya kembali mengering.

Dalam proses migrasi tersebut, gajah Mali pun menghadapi berbagai bahaya yang menghadang. Suhu setinggo 49 derajat celsius serta badai pasir dahsyat menjadi ancaman yang mematikan, khususnya bagi para gajah muda. Dalam proses migrasi tersebut bisa mencapai angka 400 gajah yang ikut. Begitu fantastiknya.


Referensi :
Seri National Geographics. Migrasi Besar : Perpindahan Paus, Wildebeest, Kupu-Kupu, Gajah, dan Hewan Luar Biasa Lainnya oleh Elizabeth Carney. Erlangga for Kids

Post a Comment

0 Comments

Popular Posts