Responsive Advertisement

Percobaan Biologi : Struktur Ginjal

Percobaan/eksperimen biologi kali ini mengenai struktur ginjal.  Ginjal ini termasuk dalam materi Biologi kelas IX untuk SMP. khususnya mengenai sistem ekskresi pada manusia.

Judul Percobaan : Struktur Ginjal

Tujuan : mengetahui struktur ginjal

Alat dan Bahan
1. Ginjal dan Kambing
2. Papan bedah
3. Alat bedah (dissecting set)

Dasar Teori
ginjal, percobaan sainsGinjal merupakan alat pengeluaran (ekskresi) yang utama pada manusia. Ginjal atau buah pinggang ini berbentuk  seperti kacang merah, berwarna keunguan, dan berjumlah dua buah. Ginjal ini terletak di daerah pinggang, yaitu di sebelah kiri dan kanan tulang belakang.

Ginjal manusia terdiri dari kulit ginjal (korteks), sumsum ginjal (medula), dan rongga ginjal (pelvis). Kulit ginjal berada di bagian luar, sumsum ginjal di bagian tengah, dan rongga ginjal di bagian paling dalam. Rongga ginjal disebut juga piala ginjal.

Kulit ginjal (korteks) berisi sel-sel nefron yang berfungsi sebagai penyaring. Tiap nefron tersusun dari badan Malpighi dan saluran panjang (tubula) yang bergelung. Badan Malpighi tersusun dari glomerulus dan kapsula Bowman.Glomerulus merupakan pembuluh kapiler darah, sedangkan kapsula Bowman merupakan saluran buntu yang bentuknya membulat mengelilingi glomerulus.

Saluran panjang yang bergelung (tubulus) dikelilingi oleh pembuluh-pembuluh kapiler darah. Tubulus yang letaknya dekat badan Malpighi disebut tubulus proksimal, sedangkan tubulus yang letaknya jauh dari badan Malpighi disebut tubulus distal. Kedua tubulus ini dihubungkan dengan oleh lengkung Henle atau angsa Henle. Lengkung Henley ini berupa pembuluh yang menyerupai leher angsa yang turun ke arah medula ginjal dan kemudian naik kembali menuju korteks. Bagian akhir dari tubulus ginjal ini adalah saluran pengumpul yang terletak pada sumsum ginjal.

Langkah Kerja
1. Ambillah ginjal kambing yang sudah disiapkan sebelumnya. Lepaskan lemak secara hati-hati jika masih ada. Sambil melepaskan lemak, carilah kelenjar anak ginjal di ujung atas ginjal. Kelenjar anak ginjal ini berwarna kekuningan. Bersihkan juga bagian yang menutupi kelenjar ini.

2.  Belahlah ginjal secara membujur menggunakan pisau.

3. Amati susunan bagian dalam ginjal tersebut dengan menggunakan lup.

4. Bandingkan ginjal tersebut dengan carta/model/gambar referensi lainnya.

5. Gambarkan dan berilah bagian-bagian yang terlihat

Pertanyaan
1. Mengapa ginjal berwarna merah?
2. Apakah fungsi nefron yang terletak pada kulit ginjal (korteks)?
3. Gambar dan tunjukkan bagian-bagian dari ginjal?

Kesimpulan

Sumber :

Jati,W dkk. 2007. Inspirasi Sains. Pelajaran IPA Terpadu untuk SMP Kelas IX. Jakarta : Ganeca Exact
Syamsuri, Istamar dkk. 2004.Sains Biologi SMP Jilid 2 untuk SMP Kelas VIII. Jakarta : Erlangga


Post a Comment

0 Comments

Popular Posts