Responsive Advertisement

Penemuan-Penemuan Spektakuler

Penemuan-penemuan spektakuler yang mengubah dunia tidak lepas dari perkembangan sains itu sendiri. Penemuan-penemuan sains dan teknologi pada masa lalu bisa menjadi inspirasi penemuan di masa kini maupun masa mendatang.

Berbagai penemuan yang ditulis oleh Lukman Santoso Az dalam bukunya yang berjudul "Penemuan-Penemuan Spektakuler Pengubah Wajah Dunia"



Penemuan-penemuan spektakuler yang dimaksud adalah sebagai berikut :
1. Evolusi internet
2. Komputer, laptop, dan tablet
3. Evolusi Televisi
4. Telepon dan evolusi sistem komunikasi
5. Sosial Media
6. Evolusi kamera
7. Listrik dan transformasi energi era modern
8. Evolusi pesawat terbang
9. Uang koin sampai elektronik
10. Evolusi roda dan industrialisasi ban
11. Transformasi kertas dan mesin cetak
12. Plastik dan evolusi wajah dunia

Ke-12 penemuan spektakuler itu ada di sekitar kita. Kita biasa menggunakannya, meskipun kita tidak seluk beluknya. Bagaimana sejarahnya? Bagaimana perkembangannya? Semuanya melalui proses panjang. Masalah-masalah yang muncul akibat penemuan tersebut juga selalu berusaha untuk diatasi dengan membuat produk yang lebih baik.

Misalnya plastik yang penggunaannya hampir di segenap aspek kehidupan, karena harganya murah dan relatif terjangkau. Mudah dibentuk, tidak berkarat, ringan dan kelebihan-kelebihan lain. Masalah akibat plastik pun timbul. Limbah plastik susah diurai, butuh waktu 1000 tahun. Plastik juga mengandung bahan kimia berbahaya, yakni bisphenol A atau BPA. Bahan kimia ini dapat merangsang pertumbuhan kanker serta resiko keguguran pada wanita hamil.

Untuk itu, inovasi selalu dilakukan. Berbagai upaya dilakukan untuk membuat plastik yang ramah lingkungan. Usaha tersebut dilakukan terus menerus. Berbagai penemuan tidak akan berhenti. Berjalan terus seiring dengan peradaban manusia.
Terus belajar. Tidak pernah puas. Berpikir kreatif. Di luar kotak. Terus berinovasi untuk menghasilkan produk yang berguna bagi kehidupan manusia.


Sumber
Santoso Az, Lukman. 2014. Penemuan-Penemuan Spektakuler Pengubah Wajah Dunia. Yogyakarta :

DIVA Press
Sumber gambar : https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSL8KpqcGImwOMkAsTjQLY92Lerlve_yFXGFE7YWGSwt-8Y5WrlnQ






Post a Comment

0 Comments

Popular Posts